Rabu, 08 Juli 2009

BAGAIMANA MEMPEROLEH RP 1.000.000 SEMINGGU DENGAN KAMERA ANDA!

Jika anda ingin kini mau mencapai kebebasan keuangan, oleh karena itu anda harus mencari ide untuk membuat bisnis sendiri. salah satu peluang ialah menjadi juru foto bebas. Jika anda berusaha bersungguh-sungguh anda bisa mendapat antara Rp 500.000 ~ Rp 1 000.0000 seminggu.

Sebagai permula apa yang anda perlukan ialah kamera yang sederhana harganya. Tetapi mutu kamera harus diambil perhatian karena sebagian kamera yang murah menghasilkan foto yang tidak jelas. Anda harus memerlukan lampu spotlight dan stan sebuah kamar hitam-putih sebagai studio anda. Tidak perlu membeli peralatan yang canggih, sebagai juru foto bebas yang penting ialah kualitas foto yang anda ambil dan bukanya perabot kayu yang berkilat - ia tidak memberi arti apa-apa kepada pelanggan anda.

Berapa banyak uang yang anda dapat adalah tergantung dengan usaha yang anda mau berikan dalam bisnis ini. Kelebihan sebagian juru foto bebas ini ialah anda dapat mencari pasaran anda sendiri dan menetapkan harga anda sendiri. Jika anda mau bekerja pada ujung minggu, anda bisa memperoleh antara Rp 1 000.000 sehingga Rp 2 000.000 dengan mengambil foto - foto perkawinan secara paket. Jika anda mengambil keputusan untuk menjadi pekerjaan utama/pokok, anda bisa memperoleh Rp 50.000.000 atau lebih tergantung kepada kepakaran anda. Ia tergantung kepada satu perkara, kepandaian anda menggunakan kamera untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Orang sanggup membayar anda dengan harga tinggi bila hasil kerja anda cukup memuaskan.

Dalam panduan ini kami menganggap anda sudah mengetahui bagaimana menggunakan kamera, mengabil foto, pancaran lampu, komposisi dan teknik kamera gelap. Kemudian anda perlu tahu bagaimana membuat uang dengannya.

Peraturan pertama yang perlu diingat ialah anda harus jujur dengan kerja yang dilakukan. Jika anda ditawarkan kerja tetapi anda tidak mahir, katakan saja tidak dan jelaskan apakah keahlian yang anda miliki. Apa bila anda mendapat tawaran yang akan datang, reputasi anda akan diambil peduli dan sudah pasti beliau akan kembali semula 1) karena beliau percaya dengan kejujuran anda 2) karena jika anda berkata bisa berarti anda bisa mengerjakannya.

IKLANKAN KERJA ANDA PADA PORTFOLIO

Buat fortfolio yaitu iklan kerja anda pada suatu kertas yang berwarna dan hitam putih berukuran 8X10 untuk ditunjukan kepada calon pelanggan anda. Portfolio yang bagus haruslah diisikan dengan foto/slides berukuran 35mm. Tayangkan pada kartu berukuran 8.5x11 yang dilapisi dengan plastik yang bisa diisi sebanyak 20 slides.

Apabila anda sudah puas dengan portfolio anda, telpon agen periklanan dan tunjukan kepada pengurus artis mutu kerja yang anda bisa lakukan. Buat temu janji dengan toko-toko butik dan toko-toko pakaian dipusat perbelanjaan. Jangan lupa untuk berjumpa dengan industri dan pabrik-pabrik yang mungkin akan menggunakan jasa anda.

Bersedia untuk menunjukan portfolio anda pada setiap waktu. Setiap orang adalah calon pelangan dan anda tidak tau kapankah masanya anda akan berjumpa mereka. Bawa portfolio anda dalam mobil pada setiap waktu. Jika anda berbangga dengan kerja anda, tunjukan!

TAHU BAGAIMANA HENDAK MELETAKAN HARGA

Perkara utama yang perlu diingat ialah anda menjalankan bisnis bukanlah memberi dengan geratis. anda harus tau apakah harga yang harus diletakan yang sesuai dengan mutu kerja anda.

Anda mungkin telah menghemat biaya apabila bergerak secara sampingan tanpa perlu membayar sewa studio dan membayar gaji pekerja, tetapi anda mestilah tau harga yang sepatutnya supaya anda bisa membayar dana dan usaha anda mendapatkan keuntungan sewajarnya.


Dua cara untuk mendapatkan upah 1) Anda bisa meletakan harga bagi setiap kerja - yaitu mengikut jumlah film yang digunakan 2) anda bisa meletakan harga bagi setiap jam yang setimpal dengan kerja dan bakat anda. Harga ini tidak termasuk harga film, mencuci dan sebagainya.

BUAT RP 50.000.000 SETAHUN BEKERJA SATU HARI SEMINGGU

Sama ada ekonomi baik atau tidak- pasti ada orang yang akan berkawinan dan kerja untuk juru foto bebas.

Iklan dari mulut ke mulut adalah alat pemasaran yang terbaik walau apa pun produk yang anda jual. Ia akan menjadi semakin cepat jika anda mengambil foto pengantin dan meletakan harga Rp 1 000.000 bagi setiap foto untuk kedua keluarga, foto dinding dan album istimewa untuk pengantin. Kemudian apabila mereka mengundang kawan-kawan untuk melihat disinilah saham anda akan mulai meningkat.

Anda juga bisa menujukan hasil kerja anda kepada kedai bunga dan kedai - kedai pengantin, butik dan ketering yang terlibat secara langsung dengan perkawinan.

Hanya beritau kepada mereka bahwa anda dengan besarhati untuk memperkenalkan bisnis mereka kepada halayak ramai dan minta mereka membuat perkara yang sama.

MELETAKAN HARGA JUDUL

Pastikan bahwa pengantin mengerti bagaimana anda meletakan harga dan apa yang akan mereka akan dapat sebagai keuntungannya. Beberapa cara yang dapat anda lakukan :
1) Tawarkan paket penuh daripada majelis berias, berarak, bersanding dan makan- makan
2) Majelis bersanding dan makan-makan saja
3) Majelis bersanding saja.

Untuk pehatian anda majelis perkawinan adalah lubuk duit bagi juru foto bebas. Biasanya juru foto meletakan harga Rp 500.000 paling murah untuk mengambil foto sebanyak 5 gulung film. Jika anda mendapat 2 pesanan pada harga yang minimal setiap minggu anda bisa memperoleh Rp 52.000.000 selama setahun. Bagi paket penuh, anda bisa mendapat sampai 1 00.000 .000 setahun. ia hanya bekerja sehari seminggu coba bayangkan berapakah yang anda peroleh jika anda bekerja secara rutin!

KERJA-KERJA LAIN YANG BISA DIAMBIL

Antara beberapa kerja yang bisa di pikirkan oleh setiap juru foto bebas.
1) Mengabil foto anak-anak sekolak, TK dan sebagainya
2) Mahasiswa yang mengabil izasah atau diploma (Wisuda)
3) Agen Hartanah
4) Agen-agen periklanan
5) Potret Keluarga
6) Potret binatang perliharaan
7) Acara-acara olahraga
8) Foto potret anak-anak



Tidak ada komentar:

Posting Komentar